Friday, May 30, 2014

Pelayanan Publik di KPP Pratama Ilir Barat dan KPP Madya Kota Palembang

Ini adalah tugas kuliah kelompok saya di mata kuliah ETIKA PNS dengan dosen pembimbing Bapak Ali Azcham Noveansyah. Kelompok kami kebagian untuk menilai pelayanan publik di KPP Pratama Ilir Barat dan KPP Madya Palembang. Hasil dari penilai kami adalah sebagai berikut.

1. Saat kelompok kami terjun langsung ke lokasi terkait, kami langsung melihat sebuah pos satpam yang bagus beserta satpamnya yang ramah. Pos satpam ini pun dilengkapi dengan cctv 24 jam yang merekam segala aktivitas siapa saja yang masuk dan keluar ke dan dari lingkungan kantor. Kami juga memiliki foto bukti pos satpam yang dimaksud :


2. Setelah dari pos satpam, penilaian kami berlanjut ke tempat parkir. Lokasi parkiran kantornya lumayan memuaskan. Kapasitas tempat parkirnya cukup luas baik untuk parkiran motor maupun mobil. Sehingga bisa menampung banyak mobil dan motor masyarakat yang akan membayar pajak atau ada keperluan lainnya di kantor tersebut. Kami juga memiliki foto bukti tempat parkiran yang dimaksud :



3. Ini adalah tampak depan gedung Kanwil Pajak Sumatera Selatan


4. Ketika memasuki kantor terdapat sebuah cctv yang terpasang di atas pintu masuk. Kami juga memiliki foto bukti cctv yang dimaksud :


5. Saat memasuki ruangan kantor kami di sambut dengan ramah oleh satpam yang berjaga di depan pintu masuk kantor tersebut. Pelayanan satpam tersebut sangan ramah terhadap kami semua. Dan ini adalah foto sektor pelayan publik luar di KPP Pratama Ilir Barat dan KPP Madya Palembang :



6. Ini adalah foto fiskus yang sedang bekerja untuk melayani WP beserta fasilitas yang tersedia di KPP Pratama Ilir Barat dan KPP Madya Palembang. Kelompok kami menilai pelayanan publik yang telah diberikan kepada para WP di kedua kantor ini sudah bagus. Karena dari segi fasilitas yang disediakan beserta pelayanan yang diberikan dapat memuaskan para WP yang mempunyai keperluan untuk datang ke kantor ini baik untuk membayar pajak ataupun hal lain. Kami juga memiliki foto bukti para fiskus dan fasilitas yang dimaksud :





7. Kesimpuilannya kami menilai pelayanan publik yang telah diberikan di KPP Pratama Ilir Barat dan KPP Madya Palembang baik dari segi fasilitas yang diberikan maupun SDM nya yang telah bekerja dengan baik untuk melayani WP sudah dapat dikatakan di atas rata - rata (lebih dari baik). Namun, tetap harus dipertahankan dan ditingkatkan terus agar menjadi lebih baik dan lebih baik dari sebelumnya.

No comments:

Post a Comment